Selasa, 17 November 2015

Mengenal SEFT dan EFT

Pada tahun 2008 saya pernah membaca buku berjudul Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) yang ditulis oleh Achmad Faiz Zainuddin. Isinya tentang teknik yang harus dilakukan untuk menyembuhkan sakit atau ketidak nyamanan mental dan fisik, caranya dengan melakukan ketukan ringan dengan dua ujung jari pada bagian-bagian tubuh tertentu. Saya saat itu sering sekali merasa pusing, saya pun juga tidak tahu pasti apa penyebabnya, lalu saya coba praktekan teknik SEFT dan Alhamdulillah tak lama kemudian pusing saya berangsur-angsur menghilang dan lebih nyaman.

SEFT merupakan modifikasi dari Emotional Freedom Technique (EFT) temuan Gary Craig, sedangkan EFT sendiri merupakan modifikasi dari Technique/Thought Field Therapy (TFT). EFT lebih berkembang dibanding TFT karena tekniknya lebih sederhana.
Gambar 1 - EFT Garry Craig


Menurut Garry Craig ada 4 tahap EFT yang dilakukan, mohon dilihat gambar 1, yaitu :
  1. The Setup
  2. The Sequence
  3. The 9 Gamut
  4. Repeat The Sequence
Sedangkan dalam bukunya Ahmad Faiz Zainuddin ada 3 tahapan yang harus dilakukan,
  1. The Setup
  2. The Tune In
  3. Tapping (penggabungan langkah 3 dan 4 EFT Garry Craig)
Gambar 2 - SEFT Ahmad Faiz Zainuddin

Gambar 3 - SEFT Ahmad Faiz Zainuddin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar